Entri Populer

Sabtu, 19 Februari 2011

98% Musik di Download di internet






LONDON - Para musisi nampaknya mulai mengalihkan cara berjualan mereka dari format fisik menjadi format digital melalui internet. Pasalnya, menurut data di Inggris, sebanyak 98 persen lagu dibeli secara online.

Tren ini sendiri terjadi pada 2007, pada saat itu, sebanyak 87 juta single lagu digital telah terjual. Dua tahun berikutnya, atau pada 2009, penjualan single lagu digital mencapai 153 juta buah. 

Dilansir melalui SkyNews, Kamis (17/2/2011), akibat booming penjualan musik di internet ini, penjualan album lagu yang dikemas dalam bentuk kaset dan compact disk (CD) semakin menurun. Pada tahun 2007, dari 145 juta kopi lagu yang dipasarkan, hanya tujuh persen lagu dalam format kaset dan CD yang laku di pasaran. 

"Menurunnya penjualan lagu melalui kaset dan CD mencerminkan terjadinya pergeseran perilaku konsumen yang lebih banyak menggunakan perangkat MP3," kata pengamat asal ONS, Jen Beurmount.

"Ini juga mengubah kebiasaan belanja musik masyarakat," katanya.

Bahkan tren jual beli ini juga terjadi tidak hanya di musik saja, hal yang sama juga terjadi pada penjualan buku. Pada tahun 2007 sampai 2009, penjualan buku dalam bentuk fisik menurun, sementara penjualan buku format digital meningkat tajam.



hhahaha iya benar. download di internet kan lebih murah . Goceng aja bisa download 10 lagu atau lebih, pake unlimited soalnya :D. daripada beli se album gocapan harganya, mending buat beli baju baru.hehehehe :D

1 komentar: